25 March 2012

Expedition Survey Pekan Kekerabatan IX

Hi, Sobat Pramuka dalam lingkup TKK-MNPK.
Hajatan besar Pekan Kekerabatan IX/2012 semakin dekat. Perpindahan lokasi kegiatan ke Tegal Arum, Baturaja Timur Kab. Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan membuat Panlak harus bekerja ektra keras karena hampir semua persiapan kembali ke titik nol. Salah satunya kewajiban melakukan kembali survey tempat/lokasi yang akan digunakan pada pelaksanaan PK-IX. Karena itu pula, menjadi kewajiban semua pihak untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan PK-IX/2012.

Sebagai informasi bagi sobat pramuka sekalian, kali ini kami menghadirkan "liputan" kegiatan Panlak pada tanggal 22-25 Maret 2012, yang kembali mengadakan survey di lokasi. Survey kali ini terdiri dari 30-an anggota Panlak dari Palembang, Curup, Lubuk Linggau, Jambi, dan Baturaja, yang terbagi menjadi beberapa tim kecil. Salah satunya melakukan survey tempat ekspedisi PK-IX di lokasi Goa Putri.

Goa Putri adalah tujuan wisata terkemuka di Provinsi Sumatera Selatan, terletak 230 kilometer dari Palembang, atau 35 kilometer dari Baturaja, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Gua ini terletak sekitar satu kilometer dari jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim. Sebagai informasi, Baturaja dibelah oleh Sungai Ogan dengan tiga jembatan penghubung yang menghubungkan antara bagian Timur dan bagian Barat yaitu jembatan Ogan satu, Ogan dua dan Ogan tiga. Obyek wisata Goa Putri ini terletak di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji.

Goa Putri merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menarik, dengan pesona yang memanjakan mata dan rasa, dan memiliki nilai historis yang tinggi bagi masyarakat Sumatera Selatan. Gua ini penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Stalaktit merupakan kalsium karbonat yang menggantung dan membeku di langit-langit gua dan dapat ditemukan di gua kapur. Stalagmit adalah batuan berbentuk kerucut es yang menghadap ke atas dapat ditemukan di lantai gua. Di Goa Putri, stalaktit dan stalagmit bertemu membentuk pilar yang unik.

Gua ini juga memiliki kolam yang airnya berasal dari gua-gua yang airnya berasal dari Sungai Semuhun, yang bermuara di Sungai Ogan. Kolam tersebut lebarnya 20 meter lebar dan panjangnya 160 meter. Di beberapa bagian gua terdapat batu lebar di mana sobat Pramuka bisa duduk dan tidur. Gua ini gelap meskipun terdapat beberapa lampu yang dipasang di berbagai sisi. Cahaya yang redup membuat gua terlihat sangat ajaib.

Bagaimana legenda tentang keberadaan Goa Putri, silahkan sobat Pramuka ikuti sendiri di lokasinya pada saat PK-IX kelak.

Berikut ini kami sajikan dulu pesona Goa Putri lewat foto-foto yang berhasil diabadikan oleh Tim Survey yang dipimpin langsung oleh Ketua TKK-MPK Ka-Pal.
Selamat menikmati, dan jangan lupa segera, "DAFTARKAN DIRI SOBAT PRAMUKA PADA PK-IX".

Pemandangan dari pintu masuk Goa Putri
Temaram lorong Goa Putri
Aliran sungai di bawah Goa Putri
Keindahan bebatuan alam dalam Goa Putri
Nuansa alam di sekitar Goa Putri
Pemandangan menjelang keluar dari pintu Goa Putri
Menyusuri anak tangga keluar dari area Goa Putri
Dinding-dinding batu yang menyimpan banyak misteri Goa Putri

Demikian sobat Pramuka salah satu "keindahan" yang ditawarkan pada PK-IX/2012.
Jadi jangan ragu lagi, ditunggu partisipasi sobat sekalian pada PK-IX/2012, 28 Juni - 05 Juli 2012 di Tegal Arum, Baturaja Timur, OKU, Sumatera Selatan.
Sampai jumpa pada liputan selanjutnya.

0 komentar untuk posting ini:

Post a Comment

Untuk meningkatkan isi dan pelayanan blog ini, luangkan waktu sobat sebentar untuk meninggalkan komentar pada form di bawah ini.
Sobat tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook sobat.
Terimakasih telah berkunjung di Blog TKK MPK Keuskupan Agung Palembang. Salam Pramuka.