30 June 2012

Pekan Kekerabatan IX/2012 dibuka oleh Ka. Kwarnas

Tegal Arum - Baturaja Timur

Acara pembukaan Pekan Kekerabatan IX diawali dengan Perayaan Ekaristi di Gua Maria Tegal Arum pada hari Kamis, 28 Juni 2012, tepat pukul 15:00 WIB. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr. ALoysius Sudarso, SCJ, yang merupakan tokoh penggerak kepramukaan di Keuskupan Agung Palembang, sehingga karena jasanya tersebut, beliau menerima lencana Melati dari Presiden Republik Indonesia dua tahun yang lalu.

Dalam homilinya, Mgr. ALoysius Sudarso, SCJ meyampaikan bahwa kehadiran para penegak dan pandega membawa berkat bagi umat dan Keuskupan Agung Palembang. Beliau menekankan pentingnya para peserta menyadari untuk memelihara alam, sejalan dengan tema PK IX yaitu "Memelihara keindahan ciptaan Tuhan" dengan moto "Kembali ke alam / Back to Nature". "Diharapkan Pramuka menjadi penggerak kecintaan akan alam. Dalam Perjanjian Lama dikatakan, Tuhan menciptakan alam semesta itu baik adanya. Bahkan Tuhan menciptakan manusia menurut gambar-Nya. Maka sudah seharusnya kita menjaga ciptaan-Nya.", demikian kata Mgr. Sudarso. 
Ditambahkan oleh Bapa Uskup, "Karena itu manusia mesti mencintai Allah, alam, dan sesamanya. Dengan kegiatan kepramukaan sepereti ini, kita berusaha mencintai alam yang merupakan ciptaan-Nya".
Kontingen Bogor
Kontingen Denpasar
Kontingen Jakarta
Kontingen Kedu
Kontingen Malang
Kontingen Palembang
Kontingen Surakarta
Kontingen Tanjung Karang
Kontingen Weetebula
Kontingen Yogyakarta
Keesokan harinya, Jumat, 30 Juni 2012, upacara pembukaan dimulai pada pukul 10:00 WIB. Upacara ini dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr. dr. Azrul Azwar, MPH, Bupati Ogan Komering Ulu, Drs. H. Kuryana Azis, Uskup Agung Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ, Ketua TKK - MNPK, Anthonius Daud, para ketua MPK dan beberapa petinggi pramuka lainnya.
Tamu undangan yang hadir pada upacara pembukaan PK-IX
Ka. Kwarnas (kanan) dan Bupati OKU (tengah) antusias menyaksikan defile kontingen
Upacara pembukaan diawali dengan penampilan marching band SMP Xaverius Baturaja, dengan tarian daerah Baturaja serta pemberian sekapur sirih bagi para petinggi yang hadir.
Kemudian dilanjutkan dengan defile dan yel-yel dari setiap kontingen peserta, diawali oleh kontingen Bogor dan terakhir adalah kontingen tuan rumah Palembang.

Dalam sambutannya, Ka. Kwarnas, kak Prof. DR. dr. Azrul Azwar, MPH mengharapkan agar semakin banyak forum aktualisasi kepramukaan. Beliau mengatakan, di Indonesia terdapat 20 juta anggota pramuka, yang merupakan anggota suatu organisasi terbesar di dunia. Sayangnya tidak semua anggota bisa mengikuti forum-forum seperti ini, kendati forum seperti ini sudah sering diadakan dari tigkat nasional, provinsi dan kabupaten. Padahal forum seperti ini sangat penting sebagai wadah pembelajaran bagi adik-adik anggota pramuka. "Di Indonesia sendiri terdapat 320.000 gugus depan", demikian dikatakan kak Azrul Azwar.
Kak Eko saat meyampaikan laporan
Mgr. Al. Sudarso, SCJ saat memberikan kata sambutan
Bupati OKU, Drs. Kuryana Azis saat memberikan kata sambutan
Ka. Kwarnas, Prof. DR. dr. Azrul Azwar, MPH memberikan sambutan dan membuka kegiatan PK-IX/2012

Ka. Kwarnas menambahkan lagi bahwa tujuan Pramuka dapat terwujud kalau memenuhi tiga tujuan.
Pertama, dengan kegiatan ini dapat membentuk karakter yang berkepribadian dan akhlak mulia. Kedua, mencapai dan meningkatkan semangat kebangsaan. Ketiga, menignkatkan ketrampilan dan kreativitas anak-anak bangsa.
Lebih lanjut beliau berharap, ke depan kegiatan aktualisasi yang secara rutin dilaksanakan oleh Tim Kerja Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik ini semakin ditingkatkan, baik jumlah maupun kwalitasnya.
Sebagai informasi, PK-IX ini menghadirkan lebih dari 700 peserta dan melibatkan 160 keluarga setempat sebagai tempat live in.
Pemukulan gong oleh Ka. Kwarnas menandai dimulainya hajatan PK-IX/2012
Pelepasan balon oleh Bupati OKU menandai mengudaranya semangat tingi PK-IX
Demikian sobat Pramuka yang dapat kami laporkan dari pembukaan Pekan Kekerabatan IX/2012.

0 komentar untuk posting ini:

Post a Comment

Untuk meningkatkan isi dan pelayanan blog ini, luangkan waktu sobat sebentar untuk meninggalkan komentar pada form di bawah ini.
Sobat tidak punya ID khusus untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook sobat.
Terimakasih telah berkunjung di Blog TKK MPK Keuskupan Agung Palembang. Salam Pramuka.